SELAMAT DATANG DI CILACAP TEKNOLOGI..... KRITIK DAN SARAN KAMI TUNGGU...... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Selasa, 11 September 2012

KERETA API MAGUWO TIDAK ADA LAGI TRAYEK KE CILACAP PER 11 SEPTEMBER 2012



PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, mulai Selasa (11/9) mengubah jadwal dan rute perjalanan Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE) AC Maguwo Ekspres di koridor Purwokerto-Yogyakarta.

Dilansir dari tribunnews.com, "Selama ini, KRDE AC Maguwo Ekspres yang diluncurkan pada 14 Agustus menjalani trayek Purwokerto-Maguwo, Maguwo-Cilacap, Cilacap-Kutoarjo, dan Kutoarjo-Purwokerto. Dari empat trayek yang dijalani selama ini, kelihatannya hanya dua trayek yang diminati penumpang, yakni Purwokerto-Maguwo dan Maguwo-Cilacap," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Senin.

Menurut dia, trayek Cilacap-Kutoarjo dan Kutoarjo-Purwokerto kurang diminati masyarakat yang ditunjukkan oleh minimnya jumlah penumpang di kedua trayek ini setiap harinya.
Setelah dilakukan evaluasi, kata dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto memutuskan untuk mengubah rute perjalanan KRDE AC Maguwo Ekspres menjadi Purwokerto-Maguwo dan sebaliknya dengan frekuensi perjalanan dua kali sehari.

Dengan demikian, lanjutnya, KRDE AC Maguwo Ekspres tidak lagi melayani trayek Maguwo-Cilacap dan Cilacap-Kutoarjo.

"Dari pantauan, sebagian besar penumpang trayek Maguwo-Cilacap turun di Stasiun Kroya dan stasiun-stasiun sebelumnya. Kami juga mengejar waktu agar KRDE AC Maguwo Ekspres dapat dioperasikan dua kali dalam sehari sehingga tidak lagi menuju Cilacap," katanya.

Dengan adanya perubahan trayek ini, kata dia, jadwal perjalanan KRDE AC Maguwo Ekspres mengalami perubahan, yakni berangkat dari Stasiun Besar Purwokerto pukul 05.00 WIB dan tiba di Stasiun Maguwo pukul 07.48 WIB.

KRDE AC Maguwo Ekspres selanjutnya berangkat dari Stasiun Maguwo pukul 08.05 WIB dan tiba di Stasiun Besar Purwokerto pukul 10.52 WIB.

Rangkaian kereta ini diberangkatkan menuju Stasiun Maguwo pukul 11.20 WIB dan tiba di tujuan pukul 14.37 WIB, selanjutkan kembali ke Stasiun Besar Purwokerto pukul 15.18 WIB dan tiba di tujuan pukul 18.16 WIB.

"Perubahan rute ini dilakukan untuk dapat mengejar dan mempersingkat waktu tempuh. Dengan jadwal perjalanan baru ini Maguwo Ekspres akan menempuh rute Purwokerto¿Maguwo lebih cepat satu jam dibanding jadwal yang lama," kata Surono menegaskan.

Dalam jadwal sebelumnya, kata dia, rute Purwokerto-Maguwo ditempuh dalam waktu tiga jam 57 menit, sedangkan dengan jadwal perjalanan yang baru dapat ditempuh dalam waktu dua jam 48 menit.

Menurut dia, peningkatan waktu tempuh yang sangat signifikan ini dicapai dengan peningkatan puncak kecepatan dan pola berhenti di stasiun antara.

"Puncak kecepatan ditingkatkan dari 70 kilometer jam dalam jadwal lama menjadi 90 kilometer per jam dalam jadwal yang baru. Demikian juga di beberapa stasiun yang tadinya berhenti, dalam jadwal baru tidak lagi berhenti, antara lain Kebasen, Randegan, Sumpiuh, Karanganyar, dan Kutowinangun," katanya.

Ia mengatakan, KRDE AC Maguwo Ekspres Purwokerto-Maguwo pp hanya akan berhenti di Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo, dan Stasiun Tugu (Yogyakarta).

Menurut dia, tarif KRDE AC Maguwo Ekspres masih tetap sama dengan saat pertama kali diluncurkan, yakni Rp60 ribu untuk jarak Purwokerto-Yogyakarta/Maguwo serta Rp50 ribu untuk jarak Purwokerto-Kutoarjo dan Kebumen-Maguwo.

"Dengan perubahan jadwal ini, KRDE AC Maguwo Ekspres diharapkan akan bisa mengakomodasi karyawan yang bekerja di Yogyakarta, karena rangkaian kereta ini akan sampai di Yogyakarta sebelum pukul 08.00 WIB, di samping penumpang pesawat untuk penerbangan mulai pukul 09.00 WIB," katanya.

Semoga bermanfaat bagi anda...

Tidak ada komentar: