SELAMAT DATANG DI CILACAP TEKNOLOGI..... KRITIK DAN SARAN KAMI TUNGGU...... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Kamis, 16 Mei 2013

Tips Mengatasi Baterai Laptop Yang Muncul Considering Replacing Your Battery




       Anda atau teman anda mungkin pernah mengalami tanda X warna merah muncul pada battery laptop anda khususnya para pengguna windows 7 dan ada tulisan Considering Replacing Your Battery atau terjemahannya  "Disarankan mengganti baterai Anda". Anda jangan buru-buru membeli baterai baru laptop, tetapi coba tenang aja dulu karena masalah ini dapat diatasi.

Klik pada gambar untuk memperbesar
          Seperti dilansir dari ino-yasha.blogspot.comperlu diketahui juga bahwa notifikasi ini muncul ketika Windows 7 mendeteksi bahwa kapasitas baterai laptop Anda sudah kurang dari 40% kapasitas seharusnya, dan karenanya sudah selayaknya diganti. Namun demikian, sudah banyak laporan dari pengguna Windows 7 di berbagai pelosok dunia yang menyatakan bahwa kadangkala Windows 7 salah dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop. Bahkan pernah ada seorang pengguna yang sudah mengganti baterai laptopnya dengan yang baru namun masih tetap mendapatkan notifikasi ini.

    Terlepas dari akurat tidaknya Windows 7 dalam mendeteksi kapasitas baterai laptop, rasanya kita sepakat bahwa baterai laptop adalah barang yang mahal. Jadi selama masih bisa digunakan dengan baik (walaupun sudah kurang dari 40% kapasitas ideal), ya tidak perlu diganti. Saya pribadi beranggapan bahwa selama baterai laptop masih bisa bertahan di atas 30 menit maka belum saatnya diganti.

Jika kalian ingin mengatasi hal ini, mudah saja, ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  • Charge Baterai Anda sampai full (99%-100%), lalu Matikan Laptop Anda (jangan cabut dulu Charge-nya)
  • Kemudian Hidupkan Laptop  Anda, lalu Tekan F8 berulang kali sampai muncul menu dibawah ini, lalu Pilih Safe Mode
Klik pada gambar untuk memperbesar
  • Setelah masuk Safe Mode barulah Cabut Charge Anda, lalu tunggu atau biarkan laptop Anda menyala sampai Baterai-nya habis dan mati dengan sendirinya 
Klik pada gambar untuk memperbesar
  • Setelah mati, lalu Nyalakan Laptop Anda dengan normal, dan Tar-rraaaa, laptop Anda pulih seperti sedia kala, notifikasi "Considering Replacing Your Battery" atau tanda X warna merah pada baterai sudah tidak ada lagi
Klik pada gambar untuk memperbesar
   Pada dasarnya teknik di atas hanyalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai pada laptop Anda. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai benar-benar habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 jadi “tahu” kapasitas  yang sebenarnya (real capacity) dari baterai laptop Anda, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan dengan baterai pada laptop tersebut.

        Cara ini sudah saya coba pada laptop Toshiba L635 milik teman saya, dan terbukti berhasil. Jadi, Anda sekarang tidak perlu bingung lagi apabila mendapat notifikasi “consider replacing your battery” di laptop Anda dan selamat mencoba.

     Sedikit informasi bahwa berdasarkan penjelasan dari engineer Windows 7 dalam salah suatu rilis resmi di website Microsoft, dijelaskan bahwa sebenarnya notifikasi ini awalnya diniatkan untuk menjadi salah satu fitur andalan di Windows 7 (hal ini tidak ada di Windows XP ataupun Windows Vista), yang tujuannya adalah untuk memberi tahu pengguna bahwa baterai laptopnya sudah aus dan karenanya sudah waktunya diganti.

     Namun pada kenyataannya, banyak pengguna Windows 7 yang merasa terganggu dengan munculnya notifikasi ini. Sebagian ada yang memperdebatkan bahwa batas (threshold) 40% dinilai terlalu besar mengingat pada kapasitas 30%-an dari kapasitas ideal pun baterai laptop umumnya masih sanggup bertahan sekitar 1 jam, dan ini dirasa masih cukup memadai bagi pengguna laptop. Selain itu harga baterai laptop yang lumayan mahal membuat banyak pengguna enggan mengganti baterai laptopnya kecuali kalau sudah benar-benar rusak.

          Namun tak sedikit pula yang menganggap “fitur” ini sebagai bug, mengingat banyaknya kasus dimana Windows 7 terbukti salah dalam mendeteksi kapasitas sebenarnya dari baterai laptop. Microsoft nampaknya memang masih harus banyak kerja keras untuk memperbaiki bug “consider replacing your battery” ini.

Semoga bermanfaat bagi anda...

Tidak ada komentar: