SELAMAT DATANG DI CILACAP TEKNOLOGI..... KRITIK DAN SARAN KAMI TUNGGU...... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Sabtu, 09 Maret 2013

Wow Ada Charger Tanpa Listrik di MBC 2013



Perangkat pengisi daya (charger) kini menjadi kebutuhan vital bagi pengguna gadget untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Berbagai merek charger sudah meramaikan pasaran.

Pada gelaran Mega Bazaar Computer (MBC) 2013 kali ini, muncul charger khusus untuk kondisi darurat, misalnya saat listrik mati, banjir, ataupun saat bencana alam.

Karena itu, seorang pengembang game asal Yogyakarta telah membuat charger tanpa membutuhkan aliran listrik ataupun baterai seperti powerbank. Pengisian daya ini menggandalkan tenaga pegas yang dipompa untuk menghasilkan sebuah daya listrik.

"Pengisian dilakukan dengan pompa menggunakan tangan selama tiga menit. Tenaga yang dikeluarkan 1,5 volt," papar NB Susilo, Presiden Director Solomon Group pada VIVAnews, di sela-sela arena MBC 2013, JCC Senayan, Jakarta, 8 Maret 2013, demikian dilansir dari kucoba.com.

Susilo menambahkan sumber tenaga pada pengisi daya ini disimpan pada sebuah dinamo, yang digerakkan oleh gulungan magnet. Dengan dipompa, struktur komponen tersebut berjalan dan menghasilkan daya.

"Jadi, arus bolak balik pada pengisi daya, diubah menjadi arus searah dan jadi sumber tenaga cadangan," jelasnya.

Dia menuturkan, charger ini dapat mengisi daya pada ponsel, kamera, dan gadget semacamnya. Namun sayang, dengan tenaga 1,5 volt, charger ini maksimal untuk mengisi setengah daya sebuah gadget yang mati total. Jika ingin menambah, pengguna harus memompa ulang.

"Memang hanya segitu, karena ini dikhususkan untuk kondisi darurat saja," ujar Susilo.

Dia mengaku, ide pengisi daya ini didapat dari Korea Selatan. Beberapa waktu lalu, kolega Susilo menceritakan ide ini kepadanya, akhirnya ia berbagi dan membuat pengisi daya sehingga dipamerkan pada MBC tahun ini.

Bagi yang tertarik, silakan datang. Tapi, Susilo hanya melayani pembelian dalam partai besar. "Harganya Rp150 ribu per unit. Tapi, kami hanya layani pembelian per 100 unit," tukasnya.

Susilo mengaku pengisi daya tersebut baru dipamerkan ke publik pada pameran kali ini. "Bulan depan baru akan saya luncurkan di UGM," Ujarnya.

Semoga bermanfaat bagi anda...

Tidak ada komentar: