SELAMAT DATANG DI CILACAP TEKNOLOGI..... KRITIK DAN SARAN KAMI TUNGGU...... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Rabu, 16 Mei 2012

PENGERTIAN BLACK BOX PESAWAT YANG TERNYATA BERWARNA ORANYE

Seperi diketahui Pesawat Sukhoi Superjet 100 jatuh di Gunung Salak Rabu minggu lalu (9/5-2012), dan penyebabnya  akan diselidiki KNKT berdasarkan Black Box dari pesawat tersebut yang telah ditemukan Selasa kemarin (15/5-2012).


Sebenarnya apa sih Black Box itu??,  dilansir dari wikipedia bahwa kotak hitam atau black box adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi – umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.



Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.



Penempatan kotak hitam ini dilakukan sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan.
Black Box akan tahan terhadap setiap insiden karena terdapat 3 lapisan pelindungnya berupa

  •  Bungkus alumunium : ada lapisan alumunium di sekitar tumpukan kartu memori
  • Isolasi suku tinggi : ada material silika kering setebal 2,54 cm.  Bahan ini mampu melindungi dari temeratur tinggi.  Hal inilay yang menyebabkan kartu memori akan tetap aman apabila ada kebakaran pada saat insiden
  • Cangkang baja anti karat : marerial ini merupakan material tahan suhu tinggi berisi lapisan baja tahan karat setebal 0,64 cm.  Titanium juga bisa digunakan untuk menjadi baju pelindung besi perangkat black box ini.

Semoga bermanfaat bagi anda...

Tidak ada komentar: