SELAMAT DATANG DI CILACAP TEKNOLOGI..... KRITIK DAN SARAN KAMI TUNGGU...... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Senin, 15 April 2013

Wow Desa Tritih Lor Jeruklegi Cilacap Dinilai Tim Gotong Royong Tingkat Nasional 2013

Saat istiqosah Pemabangunan Lapangan Sepakbola Tahun Lalu


Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi Cilacap, Kamis (11/04) dinilai Tim pelaksana terbaik Gotong Royong tingkat Nasional, yang diketuai Ida Aryani, SE, Msi. Sebelum melaksanakan penilaian di lapangan Tim yang berjumlah empat orang, diterima dalam satu acara di balai desa Tritih Lor Jeruklegi. Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Tetty S. Pamuji, dan sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Cilacap, serta masyarakat desa Tritih lor, demikian seperti dilansir dari humascilacap.info. 

Menurut Ketua Tim penilai pemilihan pelaksana terbaik Gotong Royong tingkat Nasional, Ida Aryani, Desa Tritih lor Jeruklegi Cilacap Jawa Tengah, saat ini sudah masuk enam besar pelaksana terbaik gotong royong tingkat nasional, bersama dengan lima desa/kelurahan dari enam provinsi se Indonesia. 

Gotong Royong lanjut Ida Aryani, merupakan kekhasan bangsa Indonesia yang harus dipertahankan. Karena dengan adanya degradasi di jaman sekarang ini, sifat khas tersebut mulai mengalami penurunan. Salah satu upaya pemerintah untuk melestarikan hal tersebut, yakni melalui kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong masyarakat. 

Ida Aryani mengemukakan, desa Tritih Lor Jeruklegi sebagai wakil Provinsi Jawa Tengah, Tim menyoroti sejumlah aspek, mulai dari administrasi pemerintah desa khususnya bidang keuangan hingga bidang-bidang lain seperti, bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya dan bidang lingkungan.

Bidang keuangan pemerintah desa menjadi sorotan tim, lanjut Ida Aryani, karena dalam keuangan desa yakni pendapatan asli desa terdapat sifat kegotong royongan masyarakat. 

Dibidang kemasyarakatan penilaian dititikberatkan pada pelaksanaan ketertiban masyarakat secara administratif, penyuluhan linmas yang dilakukan oleh aparat TNI dan Polri, serta berbagai kegiatan yang mengedepankan gotong royong masyarakat dalam membangun balai RW.

Pada aspek ekonomi, dititik beratkan pada penyuluhan pajak dan UMKM, serta sosialisasi Kumdes, serta pelatihan industri kecil. Bidang sosial budaya masyarakat akan menyoroti penyuluhan tentang KDRt dan kegiatan-kegiatan dengan topik KDRT serta bidang-bidang seni. Sedang untuk bidang lingkungan, menyoroti tentang pelaksanaan TMMD, gotong royong masyarakat, kebersihan lingkungan pemukiman, serta pembukaan jalan dan mengaspal jalan lingkungan pada kegiatan TMMD. 

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam kesempatan tersebut menyampaikan, desa Tritih lor cukup layak untuk diikutsertakan dalam penilaian pelaksana terbaik gotong royong masyarakat tingkat nasional. Karena selama ini masyarakat desa Tritih lor sudah terbiasa dengan perilaku gotong royong yang telah menyatu dalam kehidupan bermasyarakat. 

Lebih lanjut Bupati mengemukakan, swadaya masyarakat di Kabupaten Cilacap dari berbagai kegiatan cukup signifikan. Dalam kegiatan desa berkembang dengan anggaran dari APBD Privinsi Jawa Tengah sebesar Rp. 2,1 milyar, swadaya masyarakat yang terkumpul mencapai Rp. 573.816.800,-. Jumlah tersebut tersebesar di 21 desa dengan 139 kelompok dan jumlah penerima manfaat sejumlah 1.690 orang. 

Pada kegiatan aspal swadaya pada tahun 2011, lanjut Bupati, anggaran yang dikucurkan dari APBD Kabupaten Cilacap sebesar Rp. 12 Milyar, mampu menyerap swadaya masyarakat sebesar Rp. 10,923 milyar, dengan jalan yang berhasil di aspal sepanjang 294.435,50 meter.

Pada tahun 2012 aspal swadaya dianggarkan sebesar Rp. 13 milyar dari APBD Kabupaten Cilacap, dan berhasil menyerap swadaya masyarakat sebesar Rp. 3,145 milyar lebih, dengan panjang jalan teraspal sepanjang 79.803 milyar.
Dibidang pemugaran rumah dengan anggaran Rp.5,614 milyar, dana swadaya masyarakat yang berhasil diserap mencapai Rp.842.100.000,- dan rumah yang berhasil dipugar sebanyak 954 rumah. 

Semoga bermanfaat bagi anda...

Tidak ada komentar: