SELAMAT DATANG DI CILACAP TEKNOLOGI..... KRITIK DAN SARAN KAMI TUNGGU...... TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Jumat, 15 Maret 2013

50 % Puskesmas Di Cilacap Tidak Layak



Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menemukan sedikitnya 50 persen kondisi bangunan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di wilayahnya tidak layak untuk dipergunakan melayani masyarakat. Kondisi itu dinilai sangat menggangu, terutama dalam upaya meningkatkan kesehatan terhadap masyarakat dengan memberikan kartu sehat yang belum lama ini diluncurkan.
Saat ini Cilacap memiliki 38 Puskesmas dan 73 Puskesmas Pembantu yang tersebar di 24 kecamatan. Hanya saja 50 persen dari jumlah itu kondisi bangunannya tidak layak untuk dipergunakan memberikan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Saya sudah melihat langsung kondisi Puskesmas yang ada dengan melakukan sidak. Untuk itu, mulai tahun 2013 kami akan membangun beberapa bangunan yang kurang layak itu sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji kepada wartawan pada awal Maret 2013, seperti dilansir dari cilacapmedia.

Disebutkan, Puskesmas baru yang akan dibangun diantaranya Puskesmas Kedungreja, Adipala, Sampang dan Cilacap Selatan.

“Tidak ada istilah tambal sulam. Bangunan Puskesmas yang sudah tidak layak itu dirobohkan diganti dengan yang baru,” bebernya.

Dijelaskan, Pemkab Cilacap telah menerbitkan “Kartu Cilacap Sehat” sebagai upaya memberikan jaminan kesehatan terhadap warga kurang mampu.

“Dengan membenahi bangunan Puskesmas yang tidak layak tersebut dapat mendukung upaya pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan terhadap masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu,” jelas Tatto.

Tatto menambahkan, disamping berupaya meningkatkan sarana dan prasarana, sumber daya manusianya juga ditata.

“Sehingga diharapkan di Puskesmas tidak ada lagi pasien yang tidak terlayani,” pungkasnya.

Secara terpisah Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Bambang Setyono mengatakan di Cilacap terdapat 38 Puskesmas dan 73 Puskesmas Pembantu. Sedangkan dalam membantu biaya kesehatan, masyarakat Cilacap yang dibiayai Jamkesda mencapai 472.589 jiwa dan yang dibiayai Jamkesmas sebanyak 658.520 jiwa.

Semoga bermanfaat bagi anda...

Tidak ada komentar: